hit tracker

GudangAda Kantongi Pendanaan Seri B Rp1,4 T


Jakarta, KetikKetik —

GudangAda mengantongi lebih dari US$100 juta atau hampir Rp1,4 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS) dalam putaran pendanaan seri B yang dipimpin oleh Asia Partners dan Falcon Edge.

CEO GudangAda Stevensang mengatakan investor sebelumnya juga berpartisipasi pada pendanaan seri B ini. Investor tersebut adalah Sequoia Capital India, Alpha JWC, dan Wavemaker.

Total pendanaan GudangAda hingga hari ini tercatat sebesar US$135 juta. Dengan kata lain, startup e-commerce marketplace B2B itu telah mengumpulkan pendanaan sebesar Rp1,94 triliun.

“Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bermitra dengan dua investor kelas dunia. Asia Partners dan Falcon Edge memiliki rekam jejak luar biasa dalam mendukung perusahaan, terutama di area di mana kami perlu memacu pertumbuhan,” ungkap Stevensang dalam keterangan resmi, Kamis (22/7).

Dalam kesempatan yang sama, CFO GudangAda JJ Ang mengatakan minat besar investor dalam pendanaan seri B didorong oleh kemampuan perusahaan dalam menggenjot bisnisnya.

GudangAda mencatat pencapaian net merchandise value (NMV) sebesar US$6 miliar kurang dari tiga tahun. Lalu, akumulasi nilai investasi kurang dari US$35 juta dengan rasio (efisiensi permodalan) sebesar 170 kali.

“Saat ini aplikasi GudangAda digunakan oleh lebih dari setengah juta pedagang di seluruh Indonesia yang melibatkan lebih dari 3 juta orang pekerja,” kata Ang.

Co-Founder dan Partner Asia Partners Oliver M Rippel menerangkan layanan startup ini naik dua kali lipat setiap dua bulan. GudangAda bekerja sama dengan pemilik bisnis kendaraan dan gudang.

Di luar itu, startup e-commerce marketplace B2B ini juga menawarkan sistem layanan manajemen transportasi dan gudang yang dinamis untuk memudahkan mitra dalam mengubah model bisnisnya menjadi lebih digital. Selain itu, perusahaan juga melebarkan kategori produknya ke segmen obat-obatan atau farmasi, kemasan, peralatan rumah tangga, dan alat tulis.

“Pertumbuhan signifikan GudangAda merupakan cerminan dari strategi dan kepemimpinan Stevensang yang melakukan transformasi rantai pasokan E2E di Indonesia,” kata Rippel.

[Gambas:Video CNN]

(aud/age)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *